Yayuk Kaniyah

Mengajar di SD Negeri Kalisalak 02 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Lahir di Batang tanggal 20 Mei 1970. Seorang Ibu yang memiliki dua orang putra dan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bedah Kisikisi Massal Jenjang SD dan MI
Suasana ketika bedah kisi-kisi

Bedah Kisikisi Massal Jenjang SD dan MI

Tantangan hari ke-7

#Tantangan Gurusiana

Mulai hari ini Senin (20/1) sampai lima hari ke depan Disdikbud Kabupaten Batang mengadakan workshop bedah kisi- kisi massal jenjang SD/MI yang dibagi menjadi lima kelompok besar, satu kelompok terdiri tiga kecamatan dengan peserta semua guru kelas enam.Tiap kelompok penyelenggaraan mengikuti bedah kisi-kisi selama tiga hari dengan jadwal mapel bahasa indonesia, matematika dan IPA

Sebelum mulai ke acara inti kegiatan ini diawali pembukaan dengan pengarahan oleh Kasi Pembinaan dan Pengembangan SD, Bapak Warsito, S.Pd. Dalam pengarahannya beliau mengemukakan bahwa bedah kisi-kisi kali ini karena 90 % guru kelas VI adalah guru kelas VI lama maka agar lebih efektif dan menggigit jumlah peserta dibagi menjadi 5 tempat penyelenggaraan. Bedah kisi-kisi tahun ini dengan tujuan guru kelas VI mempunyai kemampuan dapat memahami indikator, menganalisis materi, melakukan bagaimana cara membelajarkannya, membuat soal dan dapat mengidentifikasi level soal. Sehingga tujuan akhir dapat meningkatkan hasil belajar sekaligus dapat meningkatkan peringkat dengan rata-rata minimal 7,1.

Lebih lanjut Bapak Warsito, S.Pd mengemukakan, penyebab mengapa anak-anak kesulitan mengerjakan soal diantaranya, 1) anak tidak biasa mengerjakan soal yang sulit dan minim literasi, 2) kebiasaan guru membuat soal yang ringan tidak perlu dianalisis, 3) tidak biasa menggunakan soal HOTS.

Bertempat di SD Banyuputih 02 Kecamatan Banyuputih, bersama dengan peserta dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Banyuputih, Limpung, dan Gringsing. Semua peserta antusias dan semangat mengikuti kegiatan tahunan ini. Adapun Jadwal hari pertama mata pelajaran IPA dengan nara sumber pengawas Bapak Joko Purwanto, S.P d, MS.i. Bedah kisi-kisi tahun ini diharapkan bisa menghasilkan produk soal. Menulis soal berdasarkan indikator yang telah di buat berdasarkan kisi-kisi yang ada.

Nara sumber Bapak Joko Purwanto dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa mapel IPA terdapat 3 level kognitif yaitu 1) pengetahuan dan pemahaman terdiri dari mengidentifikasi, menunjukkan, memberi contoh, menyebutkan, 2) aplikasi terdiri dari menerapkan, membandingkan dan mengklasifikasi dan 3) penalaran terdiri dari menganalisis,mempediksi dan menyimpulkan

Sedangkan lingkup materi ada lima antara lain 1) mahluk hidup dan lingkungannya, 2) struktur dan fungsi mahluk hidup, 3) benda dan sifatnya, 4) energi dan perubahannya, 5) bumi alam semesta. Masing-masing lingkup materi bisa di buat indikator soal dengan menggunakan kata kerja operasional (KKO) sesuai dengan level kognitifnya.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan pembuatan soal sesuai dengan indikator yang telah dibuat , dikerjakan bersama secara kelompok dan dilanjutkan presentasi hasil kerja kelompok secara bergilir.

Pratinia, 21 Januari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tidak...makanya di bagi menjadi beberapa tempat penyelenggaraan, masalnya dalam satu kabupaten waktunya sama. Nara sumber bergilir

21 Jan
Balas

Tidak...makanya di bagi menjadi beberapa tempat penyelenggaraan, masalnya dalam satu kabupaten waktunya sama. Nara sumber bergilir

21 Jan
Balas

bedah massal,menurut ibu semakin efektif atau tidak? ..

21 Jan
Balas

Berdasar pengalaman menjadi pemateri bedah kisikisi, walaupun massal jumlah peserta tidak lebih dari 50. Namun demikian berhadapan dengan rekan guru kls VI yang jelas hebathebat harus benarbenar menguasai materi dan siap menghadapi pertanyaan macammacam.

22 Jan



search

New Post