Yayuk Kaniyah

Mengajar di SD Negeri Kalisalak 02 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Lahir di Batang tanggal 20 Mei 1970. Seorang Ibu yang memiliki dua orang putra dan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Merajut Kenangan Alumni SMP Limpung 85

Merajut Kenangan Alumni SMP Limpung 85

 

#Tantangan Gurusiana

Tantangan hari ke-84

Melihat foto teman saat SMP yang sudah menjadi emak- emak.Tetap menyisakan kenangan ketika masih menggunakan seragam biru putih.Tahun 1982 kami masuk sekolah menengah pertama. Angkatan kami Lulus tahun 1985 atau biasa di sebut alumni SMP Limpung Tahun 1985.Angkatan yang pertama mengenakan seragam biru putih.

SMP Limpung dan sekarang bernama SMP 1 Limpung,  dengan alamat Jl. Cokronegoro, Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Ketika kami sekolah inilah satu satunya SMP Negeri yang ada di Kecamatan Limpung. Seiring perkembangan penduduk yang semakin banyak maka pemerintah mendirikan SMP 1,2,3 Limpung. Bahkan ada SMP 4 Limpung sebelum ada pemekaran kecamatan.

Kami adalah generasi yang mengalami beberapa era karena lahir di era 70 an. Belum mengenal  adanya  sms, whatsAap, Facebook,Instagram, Youtube dan seabreg sosial media lainnya. Kami masih menggunakan surat dan perangko saat berkomunikasi dengan teman yang jauh. Jaman dahulu populer sebutan  'sahabat pena'

Ya, Sahabat pena adalah cara kita anak era 80-an untuk  bersahabat dengan seseorang yang jauh. Dengan cara berkirim surat dan  berkenalan lewat rubrik ' sahabat pena' yang biasa di muat di surat kabar. Di Rubrik tertera foto juga data diri nama, tanggal lahir, hobi, dan  alamat seseorang dari seluruh Indonesia. Saat klik melihat fotonya terus berkenalan lewat surat.

Penampilan anak perempuan  identik dengan rambut di kepang dua atau terurai dengan poni di depan wajah atau rambut yang di kuncir dua. Penampilan alami tanpa reka yasa. Kelihatan culun tapi ngangeni.

Kadang seumuran SMP  baru mengalami cinta monyet. Bukan Monyet hewan lho.  Cinta monyet adalah cinta yang masih kekanak- kanakan, labil, masih memegang ego. Tetapi ada juga lho,  dari cinta monyet berkembang menjadi pasangan hidup. Siapa? Mungkin yang sedang baca sambil tersenyum sendiri.

Mereka yang di landa cinta monyet akan saling mengirim surat  dengan kertas surat khusus,  bergambar  bunga atau hati warna pink. Suratpun di titipkan pada teman untuk menyampaikannya. Ngirit tidak usah beli perangko. Hayo angkat jari lagi, siapa yang pernah mengalami?

Ada yang berani mengungkapkan rasa sukanya, ada juga yang hanya dipendam dalam hati. Ngenes dech. Berani  mengungkapkan  dan berterus terang ketika sudah tua dan sudah memiliki pasangan masing- masing. Terlambat sudah kau datang padaku. Tidak usah di sesali karena takdir menemukan jalannya sendiri.

Kita memafhumi hal yang saya uraikan diatas  karena anak SMP masih berumur sekitar 12-15 tahun. Masih pada taraf perkembangan  masa pubertas. Pubertas merupakan suatu tahap  perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara seksual. Pada perempuan, pubertas terjadi pada rentang usia 10-14 tahun dan pada laki-laki, pubertas terjadi pada kisaran usia 12-16 tahun.

Makanya anak seumuran ini biasanya berjerawat. Jerawat bisa muncul di hidung, pipi, dada, punggung dan leher. Secara umum, penyebab jerawat pada remaja adalah perubahan hormon selama pubertas.

Setelah sekian tahun lulus dan mengadakan reuni maka kehebohan akan terjadi. Kita saling mengungkapkan rasa ketika masa SMP belum di ungkapkan. Rasanya waktu 3 jam tidak cukup untuk melepas rasa kangen.

Acara pun menjadi mulur seperti karet. Bagaimana tidak mereka asyik ngobrol saja dan sulit dihentikan. Apalagi jika reuni perdana setelah tigapuluh tahun tidak berjumpa. Pasti heboh dengan canda dan tawa tanpa henti.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia reuni berarti  pertemuan kembali (bekas teman sekolah, kawan seperjuangan, dan sebagainya) setelah berpisah cukup lama (KBBI, diakses 2020/04/4. Dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi  yang sudah lama tak terdengar kabar beritanya setelah puluhan tahun bahkan sampai tigapuluh tahun tidak pernah bertemu.Tentunya sudah banyak yang menjadi kakek dan nenek.

Awas saat reuni  jangan sampai Anda CLBK (cinta lama belum kelar) nanti sebutannya  bukan lagi cinta monyet, tetapi  berubah menjadi 'cinta kingkong' alias cinta bertemunya  emak- emak dan engkong-engkong. Ketika kita menghadiri reuni tetaplah  menjaga perasaan pasangan. Kalau perlu ajaklah suami atau istri kita. Dan berbaur agar tidak menimbulkan salah persepsi dan miskomunikasi. Tetap dalam koridor masing-masing. Reuni hanya untuk sekedar menjalin kembali silaturahmi dan persahatan semasa kecil.

Pertemuan saat reuni sangat menyenangkan meski kita sudah berbeda status dan kedudukan, semua menjadi terlupakan yang ada hanya kebahagian bisa berjumpa dan berkumpul dengan teman-teman. Ada yang ingin bernostalgia mengukir kenangan saat di SMP.

Melalui paguyupan alumni SMP Limpung 85,  semoga rasa kekeluargaan, silaturahmi, saling membantu sesama  alumni  85 tetap terjalin. Saling  asah, asih, dan asuh. Berusaha mengasah kemampuan bersama untuk saling mengasihi,menjaga kebersamaan, berupaya untuk menempatkan diri dan  merasa sebagai bagian dari keluarga besar alumni 85.

"Perpisahan seringkali mengajarkan kita betapa berharganya seseorang setelah dia tiada."

*******

Pratinia, 7 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yang paling bahaya cinta kingkong

07 Apr
Balas

He he

07 Apr

wow..sweet memory..coba jika ini ditambahi foto ibu dkk saat masih SMP, pembaca bisa membandingkan nih..bisa terbawa suasitu ha..ha., salam

07 Apr
Balas

He...he kepang dua

07 Apr

waoo mantap ada clbk juga

07 Apr
Balas

Wah mantapnya yang itu o

07 Apr



search

New Post